Pendahuluan Blender 3D – Bagian III: Pemodelan Tingkat Lanjut
Pengantar
Blender 3D adalah perangkat lunak pemodelan, animasi, rendering, dan komposit 3D open-source dan gratis. Bagian III dari seri pengenalan ini akan fokus pada teknik pemodelan tingkat lanjut, membantu pengguna membuat model 3D yang lebih kompleks dan detail.
Pemodelan Subdivisi
Pemodelan subdivisi adalah teknik yang digunakan untuk membuat permukaan yang halus dan beresolusi tinggi dari mesh poligon kasar. Ini memungkinkan pengguna untuk memanipulasi bentuk secara intuitif dengan menambahkan atau menghapus loop subdivisi.
Pemodelan Boolean
Pemodelan Boolean melibatkan menggabungkan atau mengurangkan volume 3D untuk membuat bentuk yang kompleks. Operasi Boolean umum termasuk gabungan, selisih, dan persimpangan.
Pemodelan Vektor
Pemodelan vektor melibatkan penggunaan garis dan kurva untuk membuat geometri 3D yang presisi. Ini berguna untuk membuat objek dengan tepi yang tajam dan permukaan yang rata.
Pembuatan Tessellasi
Pembuatan tessellasi adalah proses mengubah permukaan kurva menjadi permukaan poligon. Ini memungkinkan pengguna untuk menciptakan objek yang kompleks dan detail dari permukaan dasar.
Pembungkusan UV
Pembungkusan UV adalah proses membuat tata letak 2D dari permukaan 3D untuk tujuan tekstur. Ini memastikan bahwa tekstur diterapkan dengan benar dan tanpa distorsi.
Kesimpulan
Teknik pemodelan tingkat lanjut dalam Blender 3D memberikan pengguna alat yang kuat untuk membuat model 3D yang kompleks dan detail. Dengan menggabungkan teknik ini, pengguna dapat menciptakan karya seni dan animasi yang memukau.
Detail File
Nama File | Ukuran | Tanggal | Unduhan | Link Download |
---|---|---|---|---|
Introduction to Blender 3D – Part III.pdf | 655,5 KB | 07 Feb 2025 | 0 | https://sfile.mobi/1OcycxBNDWP |