Memperingati Hardiknas 2024: Mendikbudristek Serukan Transformasi Pendidikan
Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, menyampaikan pidato yang menggugah semangat para insan pendidikan. Pidato tersebut menekankan perlunya transformasi pendidikan di Indonesia.
Mendikbudristek mengawali pidatonya dengan menyampaikan apresiasi terhadap perjuangan para pendidik, tenaga kependidikan, dan seluruh pemangku kepentingan di bidang pendidikan. Ia juga menyoroti berbagai capaian dan kemajuan yang telah diraih oleh sektor pendidikan Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.
Namun, Mendikbudristek juga mengakui adanya tantangan dan permasalahan yang masih dihadapi dalam sistem pendidikan Indonesia. Tantangan-tantangan tersebut antara lain:
- Kesenjangan akses dan kualitas pendidikan di berbagai daerah
- Rendahnya tingkat literasi dan numerasi
- Kurangnya relevansi kurikulum dengan kebutuhan dunia kerja dan perkembangan zaman
Untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut, Mendikbudristek menyerukan transformasi pendidikan yang komprehensif. Transformasi ini meliputi berbagai aspek, yaitu:
- Kurikulum: Mereformasi kurikulum untuk membekali siswa dengan kompetensi abad ke-21, seperti keterampilan berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi.
- Pembelajaran: Mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan berpusat pada siswa, serta memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.
- Penilaian: Menyelaraskan sistem penilaian dengan tujuan kurikulum yang berorientasi pada pengembangan kompetensi dan karakter.
- Guru: Meningkatkan kualitas dan kompetensi guru melalui pelatihan dan pengembangan profesional yang berkelanjutan.
- Infrastruktur: Memastikan ketersediaan infrastruktur pendidikan yang memadai dan merata di seluruh wilayah Indonesia.
Mendikbudristek menekankan bahwa transformasi pendidikan membutuhkan kolaborasi dan kerja sama dari semua pihak, termasuk pemerintah, akademisi, praktisi pendidikan, dunia usaha, dan masyarakat. Ia mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama mewujudkan pendidikan Indonesia yang berkualitas, inklusif, dan relevan.
Dalam pidatonya, Mendikbudristek juga menyampaikan beberapa program dan kebijakan strategis yang telah dan akan dilaksanakan oleh Kemendikbudristek untuk mendukung transformasi pendidikan, seperti:
- Program Merdeka Belajar
- Kurikulum Merdeka
- Platform Merdeka Mengajar
- Guru Penggerak
- Sekolah Penggerak
Mendikbudristek mengajak seluruh insan pendidikan untuk terus bergerak maju, berinovasi, dan berkolaborasi dalam upaya menciptakan pendidikan Indonesia yang unggul. Ia mengakhiri pidatonya dengan menyampaikan harapan agar peringatan Hardiknas 2024 menjadi momentum untuk memperkuat komitmen bersama dalam membangun pendidikan Indonesia yang lebih baik di masa mendatang.
Detail File
Nama File | Ukuran | Tanggal | Download | Link Download |
---|---|---|---|---|
Pidato Mendikbudristek dalam rangka memperingati Hardiknas 2024 | 755.12 KB | 31 Mei 2024 | 0 | https://jis.my.id/sf.php?id=aK4ZynMgyka |